jual bibit entok

Panduan Bisnis Ternak Entok

Banyak orang mungkin belum familiar dengan daging entok. Namun di sebagian besar daerah di Pulau Jawa, makanan dengan dasar daging entok ini cukup banyak dan cukup digemari. Oleh sebab itu permintaan daging entok saat ini makin banyak. Sementara pasokan bibit entok di Pulau Jawa sendiri terbatas. Membuat bisnis peternakan entok menjadi salah satu bisnis yang patut dijadikan pilihan. Apabila tertarik untuk memulai bisnis ternak entok, maka sebaiknya lihat dulu beberapa informasi menarik berkaitan dengan hal tersebut di bawah ini.

Panduan Bisnis Ternak Entok

Bagi peternak yang belum pernah mencoba memelihara entok, tentu ada banyak hal yang menjadi pertanyaan. Termasuk salah satu di antaranya yaitu bagaimana sebaiknya panduan untuk menjalankan bisnis tersebut. Apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana memilih bibit entok yang berkualitas. Supaya dapat memulai bisnis ini dengan baik, maka perhatikan hal-hal penting berikut ini.

Ketahui Besarnya Modal

Hal pertama yang perlu untuk diketahui yaitu besarnya modal yang memadai untuk dana awal mendirikan peternakan entok tersebut. Sangat penting menyesuaikan kondisi keuangan yang dimiliki dengan besaran bisnis yang akan dikelola. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri sehingga kesulitan mendapatkan modal yang sesuai. Ada baiknya gunakan modal yang ada dan kemudian dari modal tersebut cukupkan dengan besaran bisnis yang bisa dikembangkan saat itu. Misal jika hanya sanggup memulai dengan 100 ekor tidak perlu memaksakan untuk memulai dengan 500 ekor.

Cari Lokasi Yang Sesuai

Selanjutnya yang tak kalah penting yaitu menentukan dimana lokasi peternakan atau kandang didirikan. Ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu supaya tempat yang dituju adalah tempat yang tepat. Dalam arti tidak mengganggu masyarakat di sekitarnya serta secara fisik memiliki sirkulasi udara maupun sinar matahari yang baik dan mencukupi. Hal ini sangat penting karena lokasi juga bisa berpengaruh pada kesehatan entok yang dipelihara. Jika lokasi yang dipilih cukup bagus, maka nantinya bibit bertumbuh maksimal dan tidak mudah sakit.

Dapatkan Pasar Yang Tepat

Apabila memulai bisnis maka sebaiknya terlebih dahulu lakukan survei pasar yang tepat. Seperti misalnya seberapa besar permintaan bibit entok di wilayah yang diincar. Sangat penting juga untuk mengetahui jumlah pesaing di daerah tersebut. Ada baiknya memulai bisnis di area yang tidak memiliki pesaing atau kompetitor. Sehingga nantinya lebih mudah untuk memasarkan daging entok ke tempat yang telah direncanakan sebelumnya.

Pemeliharaan Yang Baik

Selanjutnya yang sangat penting yaitu memastikan pemeliharan yang baik serta teratur. Sebaiknya usahakan untuk rajin membersihkan kandang serta memberikan desinfektan yang sesuai. Hal ini membantu menjaga kesehatan ternak yang dipelihara secara maksimal. Perhatikan pula kebutuhan pangan yang dibutuhkan oleh jumlah ternak entok yang dimiliki. Karena jika salah dalam menakar makanan maka nantinya panen tidak berjalan sesuai ekpetasi dan keuntungan yang diperoleh juga tidak dapat maksimal. Oleh sebab itu selalu lakukan pemeriksaan secara berkala pada saat memelihara entok. Pastikan nantinya entok sehat dan selalu dalam kondisi prima. Pisahkan yang sakit dengan yang sehat supaya tidak menular dan merugikan bisnis yang sedang dijalankan. Sebisa mungkin selalu pastikan pasokan air bersih setiap hari dan usahakan supaya lokasi kandang tidak didekati para pemangsa yang berbahaya.

Strategi Pemasaran Yang Handal

Apabila ingin berhasil dalam bisnis ternak entok, maka pemasaran yang tepat juga dibutuhkan secara maksimal. Pastikan mengetahui mana yang akan menjadi sasaran pemasaran daging entok yang dihasilkan. Misalnya tawarkan para rumah makan setempat, atau coba tawarkan pada pasar yang berada di daerah tersebut. Memperbanyak analisa pasar dan menentukan strategi pemasaran yang tepat akan membantu bisnis berjalan lancar dan keuntungan yang diperoleh juga jauh lebih maksimal. Namun tanpa strategi pemasaran yang tepat, maka bibit entok tidak dapat dijual secara cepat dan tepat.

Komitmen Dan Kepercayaan

Hal kecil yang namun penting untuk diperhatikan yaitu berkaitan dengan komitmen dan kepercayaan pelanggan. Sebaiknya usahakan selalu jujur pada pelanggan yang menerima suplai daging bibit entok nantinya. Jika berkomitmen untuk suplai jumlah tertentu maka sebaiknya selalu tepati komitmen tersebut. Karena jika mengecewakan pelanggan tentu akan lebih susah untuk mendapatkan kepercayaannya kembali. Oleh sebab itu sangat penting menjaga amanah pelanggan dan pasar supaya bisnis ternak entok berjalan baik dan keuntungan yang nantinya diperoleh juga lebih optimal.

Analisa Keuntungan Bisnis Entok

Setelah mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis entok, selanjutnya yang perlu dianalisa yaitu kemungkinan keuntungan serta berapa lama waktu yang diperoleh untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Oleh sebab itu perlu perhitungan yang jeli mulai dari modal awal, hingga biaya operasional dan nilai jual yang didapat. Secara umum, analisa keuntungan bisnis entok ini bisa dihitung dengan cara sebagai berikut.

Perhitungan Modal Awal

Dalam perhitungan modal awal ini sebaiknya hitunglah semua komponen biaya yang diperlukan untuk memulai bisnis. Mulai dari harga kandang hingga harga bibit yang diinginkan. Katakan jika hendak memulai beternak 100 ekor bibit entok, maka siapkan kandang yang sesuai luasannya serta siapkan biaya sebesar nilai tersebut. Umumnya 100 bibit entok akan diperlukan dana sebesar 15 ribu per ekornya. Sehingga total 100 ekor akan membutuhkan dana 1.5 juta rupiah. Sedangkan untuk mendirikan kandang 100 ekor entok beserta keperluan lainnya diperlukan dana sekitar 2.5 juta rupiah. Dari sini maka dapat diambil kesimpulan bahwa modal awal untuk 100 ekor bibit entok yaitu sekitar total 4 juta rupiah. Kandang bisa digunakan untuk satu tahun, sehingga bisnis juga harus dihitung untuk waktu tersebut.

Jumlah Biaya Operasional

Selain menentukan modal awal, maka cukup penting untuk menghitung kebutuhan biaya operasional sehari-hari. Sehingga bisa dilakukan perhitungan yang tepat pada akhirnya nanti. Umumnya setiap hari ternak entok akan butuh pakan yang sesuai. Biasanya untuk 100 ekor entok maka butuh pakan sekitar 15 ribu sehari sehingga sama dengan 450ribu perbulan. Sedangkan komponen biaya operasional lainnya termasuk penyediaan vitamin sebesar 400 ribu sebulan dan barang-barang habis pakai lainnya sekitar kurang lebih 150 ribu rupiah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setiap bulan dibutuhkan biaya operasional hingga 1 juta rupiah dan dalam setahun membutuhkan 12 juta rupiah.

Pengembalian Modal Dan Keuntungan

Apabila telah mengetahui besarnya modal serta biaya operasional, maka dapat dihitung besarnya komponen biaya yang harus dikeluarkan. Umumnya entok dapat dijual atau siap panen setelah 2 bulan, harga tiap entok berkisar seputar 45 ribu rupiah sehingga harga jual 100 ekor yaitu kurang lebih 4 juta rupiah. Apabila asumsi dalam 2 bulan telah didapat bibit entok baru sebanyak 100 ekor juga, maka dalam setahun ada 6 kali panen dan didapat pemasukan sebesar 24 juta rupiah. Dihitung dari modal awal 4 juta rupiah dan biaya operasional setahun 12 juta rupiah, maka total keuntungan yang bisa diperoleh atau selisihnya yaitu 8 juta rupiah. Sehingga bisa dilihat bahwa dengan modal minim namun bisa menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Belum lagi jika memelihara lebih dari 100 ekor jumlahnya.

Memilih Suplier Bibit Entok Terbaik

Apabila telah yakin hendak menjalankan bisnis entok, maka tentunya cukup penting untuk memilih mana suplier bibit entok yang baik dan terpercaya. Bila masih bingung menentukan pilihan, maka sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini yang dapat membantu untuk menentukan tempat jual bibit entok yang paling tepat.

  • Pilihlah suplier bibit entok yang memiliki legalitas yang jelas serta lokasi yang nyata. Ada banyak suplier yang sering kali bermaksud untuk melakukan penipuan dan ternyata merupakan perusahaan fiktif. Oleh sebab itu ada baiknya menanyakan legalitas suplier untuk memastikan tidak mengalami penipuan bisnis yang merugikan.
  • Sebaiknya cari suplier yang berpengalaman dan memiliki banyak masukan untuk bisnis yang sedang dibangun. Pengalaman adalah guru yang terbaik, sehingga sangat tepat berguru pada suplier handal yang sudah mengerti seluk beluk bisnis tersebut. Dengan memilih suplier yang tepat artinya akan sedikit banyak membantu berjalannya bisnis entok yang sedang dijalani supaya makin maju dan makin berkembang.
  • Jangan lupa pilih suplier yang baik dan amanah serta dapat menepati janji sebaik mungkin. Karena sering kali dalam bisnis salah satu pihak melanggar perjanjian dan merugikan yang lain. Oleh sebab itu hal ini sebisa mungkin dihindari dan sebaiknya pastikan suplier yang dipilih adalah yang paling tepat.
  • Pastikan juga memilih suplier yang jual bibit entok dengan kualitas unggul dan tidak mudah sakit. Perhatikan kelincahan bibit atau postur bibit entok yang dijual. Jika terlihat lincah dan tegap maka bisa dipastikan bahwa bibit tidak mudah sakit dan bisnis ternak dapat berjalan lancar. Namun sebaliknya, jika bibit lemas dan kurus, maka bisa jadi sedang sakit sehingga nantinya bisa merugikan dan menular pada bibit yang lainnya.

Itulah sekilas informasi yang berkaitan dengan ternak bibit entok, termasuk tempat jual bibit entok yang paling murah dan berkualitas paling unggul. Tentunya sangat penting menentukan suplier yang tepat supaya bisnis berjalan lancar dan memberikan keuntungan yang maksimal. Oleh sebab itu jangan pernah ragu untuk mempercayakan hal tersebut pada CV Nitnot. Dijamin, bisnis entok yang dijalankan akan memberikan keuntungan besar berlipat-lipat seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Dengan Klik Disini Jual Bibit Entok atau datangi lokasi CV Nitnot di Kediri, Jawa Timur dan dapatkan penawaran harga yang menarik serta suplai rutin yang kontinyu hanya dari CV tersebut.

Bagikan
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Buat peternakan anda lebih baik dengan bibit unggas unggulan kami