kandang ayam joper 100 ekor

Desain Sederhana Kandang Ayam Joper 100 Ekor

desain sederhana kandang ayam joper
Desain Sederhana Kandang Ayam Joper

Solusiternak.id – Desain Sederhana Kandang Ayam Joper 100 Ekor, Bagi unggas ternak kandang merupakan tempat dimana mereka berteduh dari bahaya predator, lingkungan maupun cuaca yang tidak menentu. Selain itu kandang merupakan tempat unggas ternak berpulang dan sebagai tempat tinggal mereka. Maka dari itu peranan kandang disini sangatlah penting bagi unggas ternak khususnya disini adalah Ayam Joper.

Banyak Ayam Joper yang mati karena stress dan berbagai penyakit, hal ini dikarenakan manajemen kandang yang kurang baik sehingga mengalami kerugian yang signifikan. Secara tidak langsung kebutuhan akan kualitas kandang sangatlah penting jika anda serius ingin bisnis budidaya ayam joper.

Kandang mempunyai beberapa fungsi utama yaitu menjaga Ayam Joper agar tidak liar dan memudahkan proses perawatan hingga panen oleh peternak ayam. Hal ini membuat kandang memegang peranan kuat dalam Budidaya Ayam Joper dan merupakan salah satu kebutuhan pokok utama para peternak ayam.

Kandang Ayam Joper 100 Ekor

kandang ayam joper 100 ekor

Kandang Ayam Joper 100 Ekor tidaklah sembarangan membuatnya, dan kandang yang khusus hanya untuk Ayam Joper. Tujuan pembuatan kandang ayama joper adalah agar tahan dari berbagai penyakit, mempermudah manajemen dari produksi hingga panen. Jika anda membuatnya dengan benar, Ayam joper anda akan memiliki kualitas tinggi yang mempunyai ciri cepatnya panen dan rasa daging yang lebih gurih daripada perawatan biasa saja.

Cara membuatnya sangatlah mudah, hal ini yang perlu anda persiapkan :

  • Penentuan lokasi kandang
  • Modal Minimum
  • Pemilihan bahan baku kandang
  • Pembuatan Kandang Ayam

Penentuan Lokasi Kandang

Penentuan Lokasi Kandang
Penentuan Lokasi Kandang

Sebelum anda membuat Kandang Ayam Joper alangkah baiknya anda harus merencanakan lokasi yang akan dibangun kandang terlebih dahulu. Posisi kandang harus ditempatkan dengan tepat karena hal ini yang menjadi acuan tumbuh kembang Ayam joper.

Posisi tepat yang dimaksud disini adalah lokasi yang jauh dari hiruk piruk masyarakat yang padat penduduk. Perlu diperhatikan juga kondisi kelembaban kandang, suhu udara harus stabil atau tidak perlu dingin dan panas. Terakhir adalah akses lokasi yang mudah untuk proses distribusi saat panen.

Selain hal yang diatas ada beberapa hal teknis yang harus dipenuhi agar pembuatan kandang bisa optimal dan efektif, yaitu :

Jauh Dari Permukiman Masyarakat

Sebaiknya kandang dibangun di lokasi yang jauh dari keramaian dan disarankan mempunyai suasana yang tenang. Hal ini disebabkan agar menghindarkan ternak dari kondisi stress, Apabila kandang dibangun didekat keramaian bisa membuat Ayam Joper menjadi stress dan berat badan berkurang.

Apalagi jika anda peternak ayam yang mengutamakan banyaknya daging yang akan dipanen nanti, anda harus menghindari resiko seperti itu, belum lagi jika ada tetangga kita yang terganggu dan mengganggu usaha kita. Hal itu akan membuat bisnis kita mengalami kerugian.

Bebas dari Air yang Menggenang

Genangan Air
Genangan Air

Sangat tidak sehat jika terdapat air genangan disekitar kandang kita, hal ini menyebabkan meningkatnya penyakit yang akan tumbuh serta menjadi tempat berkembangnya bibit nyamuk. Jika hal ini terus berlanjut serta suhu dan kelembapan yang mendukung untuk tumbuhnya bibit penyakit tersebut, tamatlah riwayat kita sebagai peternak ayam.

Oleh karena hal itu minimalisir penentuan lokasi kandang dilahan yang rendah, supaya air hujan tidak menggenang disekitar kandang.

Dekat Dengan Sumber Air

Sebaiknya lokasi kandang anda berada di dekat sumber air. Karena air merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup alami yang harus ada. Kebutuhan ternak akan terpenuhi, seperti air minum ternak, air mandi, membersihkan kandang hingga melimpahnya makanan ternak. Karena dimana ada sumber air pasti ada pakan alami yang melimpah bagi unggas ternak khususnya Ayam Joper. Sehingga modal awal anda tidak terlalu berat.

Ketersediaan pakan

Tentu ini menjadi rahasia umum bagi peternak ayam jika hampir semua pengeluaran biaya hanyalah untuk membeli pakan ayam, dan hal tersebut merupakan modal awal yang harus dikeluarkan jika ingin ternak ayam. Atas dari pertimbangan semua itu kami rekomendasikan anda membangun lokasi kandang ayam dekat dengan sumber pakan.

Pakan Ayam Joper alami yang bisa anda gunakan antara lain adalah :

  • Rumput – rumputan
  • Limbah Padi
  • Sisa Jagung
  • Kacang – kacangan
  • Daun tebu
  • Dan masih banyak lagi

Akses Lokasi Mudah

Akses Lokasi yang mudah merupakan pembahasan terakhir dari bab penentuan lokasi kandang. Sebaiknya kandang ayam joper dibangun di dekat jalan yang memudahkan proses transportasi saat distribusi panen, pengadaan pakan ayam serta pemasaran hasil panennya.

Modal Minimum

Jika anda pebisnis sejati pasti mengetahui hal ini, modal minimum dan keuntungan yang besar itulah impian semua pebisnis ayam. Anda hanya perlu fokus pada pemeliharaan Ayam Joper, pemeliharaan yang dimaksud disini adalah perlu memerhatikan lingkungan kandang agar terhindar dari penyakit dan membuat anggaran menjadi membengkak.

Pakan Ayam Joper Alternatif

pakan ayam maggot bsf
Pakan Alternatif

Pernahkah anda mendengar pakan alternatif untuk pakan ayam? Pakan alternatif tersebut sangat bagus jika dibuat rencana untuk penghematan anggaran. Selain anggaran jadi berkurang unggas ternak ayam pun menjadi lebih sehat dibandingkan dengan pakan industri.

Baca Juga : Dengan Maggot BSF Anda Bisa Membuat Pakan Ayam Lebih Bernutrisi!

Pakan Alternatif tersebut bisa ditemukan serta cara pembuatannya pun tergolong sangat mudah. Beberapa dibawah ini merupakan pakan alternatif ayam joper :

Pemilihan bahan baku kandang

Anda perlu memilih bahan baku dari kandang yang akan dibangun, yang perlu anda perhatikan adalah bahan baku yang tidak terlalu tebal dan nyaman bagi ayam.

Untuk bagian atas atap kandang, sebaik mungkin pilihlah bahan yang ringan seperti terpal dan asbes, sehingga ayam joper lebih nyaman dan tenang saat berada di dalam kandang.

Hindari bahan baku berat seperti semen, batu bata dan batu. karena hal tersebut bisa menghalangi pencahayaan di dalam kandang serta terhambatnya sirkulasi udara yang membuat ayam bisa stress.

Berikut ini merupakan bahan yang menyerupai alam aslinya yaitu :

  • Kayu
  • Bambu
  • Triplek
  • Kawat

Sebisa mungkin buat kandang yang menyerupai alam aslinya dan bersentuhan langsung dengan tanah, karena hal itu membuat ayam menjadi merasa nyaman

Pembuatan Kandang Ayam

Bila semua hal diatas sudah terpenuhi, saatnya kita membuat kandang ayam dengan bahan – bahan yang sudah disediakan sebelumnya.

Anda bisa menyamakan bagian kanan kandang dengan bagian kiri, dengan bentuk persegi panjang. Jangan lupa rekatkan keduanya dengan paku maupun lem tembak. Perhatikan sisi keduanya agar merekat dengan kuat.

Itulah cara membuat desain sederhana ayam joper 100 ekor!

Selamat mencoba dirumah.

Bagikan
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Buat peternakan anda lebih baik dengan bibit unggas unggulan kami