Ayam Joper Adalah

Apa Itu Ayam Joper? Simak Pengertian Ayam Joper Berikut!

Pengertian Ayam Joper
Pengertian Ayam Joper

Pengertian Ayam Joper

Apa itu Ayam Joper? Ayam Joper adalah Ayam hasil persilangan Ayam Kampung dan Ayam Petelur yang memiliki daya tahan tubuh yang tinggi dan memiliki kemampuan tumbuh lebih cepat daripada Ayam kampung biasa, utamanya dalam memproduksi daging ayam.

Ayam Joper adalah jenis ayam perkawinan silang antara Ayam Kampung dengan Ayam Petelur, yang mana Indukan Ayam Kampung Jantan dan Betina untuk Ayam Petelurnya. Sehingga Ayam Joper Mempunyai sangat banyak keunggulan yang memecahkan masalah diantara para peternak saat ini.

Latar Belakang Budidaya Ayam Joper

Aktivitas peternakan ayam kampung telah ada sejak zaman dahulu, daging ayam kampung cenderung lebih disukai dibandingkan ayam jenis ras yang dibudidayakan untuk komersial karena sifat ayam kampung yang lebih kenyal dan gurih disisi rasa serta lebih kenyal dan tidak mudah robek sehingga lebih memudahkan produsen saat pengolahan.

Menurut Website klikdokter.com, yang setiap gramnya mengandung 246 kkal energi, 37 gram protein dan 9 gram lemak kendati demikian kandungan gizi yang terdapat pada ayam kampung lebih menyehatkan daripada ayam broiler yang mengandung 10% lemak lebih banyak.

Karena Statement berikut menyebar luas di masyarakat indonesia Ayam Kampung lebih menyehatkan pada akhir tahun 2015 dimana ternak ayam kampung menjadi bisnis yang sangat menjanjikan, karena permintaan pasar daging ayam kampung meningkat secara drastis. Kendati demikian para peternak ayam kampung menemukan masalah yang sangat riskan yaitu lambatnya panen ayam kampung yang sampai 60 hingga 90 hari.

Kemunculan Ayam Joper

Sangat disayangkan, kondisi stok ayam kampung tidak sebanyak ayam broiler ataupun ayam ras lainnya. Lalu bagaimana solusi untuk permintaan pasar atas ayam kampung?

Permasalahan ini sudah ditemukan solusinya dengan kehadiran Ayam Jawa Super Atau Ayam Kampung Super yang selanjutnya disebut Ayam Joper.

Oleh pebisnis, Ayam joper ini sudah makin banyak yang lirik dikarenakan rasa ayam joper tidak ada bedanya dengan ayam kampung biasa.

Dibandingkan Ayam Kampung biasa Ayam Joper mempunyai masa panen yang sangat singkat yaitu sekitar 40 hari saja atau 1 Bulan lebih 10 hari, hal ini memberikan sangat banyak keuntungan bagi peternak ayam diantaranya bisa mencukupi kebutuhan pasar yang tinggi, dan menghemat biaya pemeliharaan khususnya pakan ayam.

Asal Usul Ayam Joper

Mari kita kupas lebih mendalam tentang asal – usul ayam joper. Dari varietas ayam kampung dan ayam petelur manakah yang dijadikan sebagai persilangan Ayam Joper ini?.

Berikut ini setidaknya ada dua jenis yang paling sering digunakan untuk persilangan yang menghasilkan ayam joper yang bermutu tinggi yaitu :

Ayam Kedu dengan Ayam Petelur Putih

Ayam Kedu

Ilustrasi Ayam kedu
Ilustrasi Ayam kedu

Ayam Kedu merupakan ayam kampung lokal yang berkembang khususnya di sekitar jawa tengah yang berwarna hitam. Ayam ini biasa disebut ayam cemani dan dulunya tidak digunakan sebagai pedaging atau petelur melainkan untuk hewan ritual.

Menurut Catatan, ras ini mulai dibudidayakan mulai tahun 1924, oleh Tjokromiharjo yang kemudian dilanjutkan oleh dua anaknya.

Ayam Petelur Putih

Ilustrasi Ayam White Leghorn
Ilustrasi Ayam White Leghorn

Ayam Petelur Putih atau biasa disebut White Leghorn Chicken merupakan ayam petelur tertua di eropa yang berasal dari sebuah kota pelabuhan di Italia dan diekspor pertama kali di Indonesia pada tahun 1972.

Ayam Petelur jenis ini mempunyaii keungulan dibandingkan ayam petelur jenis lain diantaranya adalah walau badannya termasuk kecil namun ukuran telurnya merupakan yang terbesar.

Ayam Pedaging Rhode Island dengan Ayam Kampung

Ayam Pedaging Rhode Island adalah ayam yang mempunyai kelebihan diantara lain lebih tahan terhadap stress dan penyakit, dagingnya disukai karena rendah kandungan lemaknya. Meski begitu sangat cocok bila dikawinkan dengan ayam kampung yang melahirkan ayam joper unggul.

Cara Budidaya Ayam Joper

Budidaya ayam joper merupakan salah satu bentuk usaha ternak hewan yang bisa menopang roda perekonomian masyarakat Indonesia sehari – hari, tidak ada hari dimana tanpa memakan ayam. Namun terkadang kita masih bingung untuk memulai usaha ini karena sering dihantui berbagai macam kendala dan pertanyaan.

Bagaimana agar ayam joper bisa tetap hidup? Bagaimana jika ayam joper sakit? Dimanakah membeli bibitnya? bagaimana perawatannya? Inilah pertanyaan yang sering ditanyakan para peternak pemula. Kita akan mengupas hal tersebut satu persatu hingga tuntas.

Artikel Terkait : Kiat Sukses Budidaya Ayam Joper Dalam 2 Bulan

Sistem Kandang

Ternak ayam sudah sangat lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia, masyarakat Indonesia selama ini menggunakan model ternak ayam menggunakan sistem umbaran atau melepas ayam diluar kandang. Namun bagi produksi ayam massal hal ini tidak akan efektif jika dilakukan.

Maka dari itu sebaiknya menggunakan sistem kandang, yang pasti dijamin kebersihan serta kemudahan distribusi pakan dan minum ayam.

Artikel Terkait : Desain Sederhana Kandang Ayam Joper 100 Ekor

Lokasi Kandang

Tentukan Lokasi usaha dan kandang, biasanya ada dua masalah dalam penentuan lokasi yaitu peternak pemula yang sudah memiliki lahan dan belum memiliki lahan. Faktor lokasi ini sangat penting karena kita tidak mau kan mendapat protes dari masyarakat sekitar karena kandang kita terlalu bau atau apalah.

Lokasi yang pas untuk ternak ayam joper sebaiknya ditentukan di lokasi yang nyaman untuk ternak dan nyaman bagi peternak. hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah sumber air, produksi pakan dan pasar bagi penjualan ayam joper yang mudah dan aman.

Artikel Terkait : Inilah Lokasi Terbaik Membangun Kandang Ayam Joper!

Waktu Memulai Usaha Joper

Sering muncul di benak para peternak pemula, yaitu kapan sebaiknya kita akan memulai usaha? Sebenarnya usaha ternak ayam joper dapat dimulai kapan saja asal semua aspek sudah mendukung untuk memulai peternakan ayam diantara lain tersedianya kandang, pakan dan yang paling terpenting disini adalah informasi pasar.

Sebaiknya hindari hari – hari besar seperti Idul Fitri, Imlek, Natal Maupun Tahun baru dikarenakan permintaan pasar yang melambung tinggi sehingga peternak pemula yang belum membeli bibitnya akan kesusahan dengan mahalnya bibit ayam joper.

Artikel Terkait : Bibit Ayam Joper Sampai di Kandang? Lakukan Hal ini!

Beli Bibit Ayam Joper

Bagi yang belum familiar dengan nama yang satu ini, maka patut untuk membaca lebih dahulu mengenai suplier suplai ayam joper tersebut. Adapun bagi para pemula yang baru saja mencoba untuk mencari suplier yang tepat, patut diketahui bahwa CV Nitnot ini merupakan suplier dagang di bidang peternakan yang menyediakan berbagai macam kebutuhan ternak mulai dari bibit, peralatan kandang, hasil panen, daging maupun olahan ternak. Sehingga nantinya para pelanggan tidak perlu kesulitan jika baru pertama kali berencana untuk berinvestasi pada bisnis perternakan ayam joper.

Artikel Terkait : Jual Bibit Ayam Joper

CV Nitnot juga merupakan suplier penjual bibit ayam joper yang memiliki kantor di dua lokasi. Alamat lengkapnya berada di Jl Muhammad Hatta no 2, Kota Blitar serta di Jl Merak E21, Gampengrejo, Kab Kediri. Semuanya berada di daerah Jawa Timur, sehingga sangat mudah bagi para calon pembeli yang berada di daerah tersebut untuk melihat langsung bibit ataupun indukan yang tersedia di tempat tersebut. Tidak hanya itu saja, bagi yang berlokasi jauh dari Jawa Timur juga tidak perlu khawatir. Karena situs resmi CV Nitnot saat ini juga ada beberapa buah dan cukup mudah diakses. Coba saja untuk mengakses https://www.solusiternak.id. Dapat pula melihat ke fanspage yang ada di https://www.facebook.com/ayamjawasuperID/.

CV Nitnot ini menyediakan bibit serta induk unggulan ayam joper yang tidak perlu diragukan kualitasnya. Apabila berkunjung ke lokasi, maka dapat dilihat secara langsung bibit ayam jawa super, ayam joper umur 1 bulan, maupun hasil panen ayam joper. Sehingga tidak perlu khawatir suplier ini menipu atau tidak bertanggung jawab. Bagi yang baru pertama kali hendak mencoba untuk beternak ayam joper, maka CV Nitnot siap membantu keseluruhannya sesuai dengan produk serta layanan yang disediakan dalam suplier.

Semoga sukses dengan peternakan ayam joper anda. Terimakasih

Bagikan
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Buat peternakan anda lebih baik dengan bibit unggas unggulan kami