Analisa dan Peluang Bisnis Ternak Bebek

Penggemar unggas di Indonesia hingga saat ini cukup marak dan sangat banyak. Mulai dari ayam, burung hingga itik atau bebek. Inilah yang saat ini mulai dilirik para peternak. Tidak sebatas ternak ayam saja, rupanya beternak bebek petelur maupun pedaging bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan. Sehingga wajar rasanya jika mulai banyak yang ingin mencoba peruntungan di bisnis tersebut. Apabila Anda juga tertarik untuk berkecimpung di bisnis ini, sebaiknya simak beberapa informasi menarik untuk peternak bebek awam berikut di bawah ini.

Persiapan Bisnis Ternak Bebek

Biasanya jika baru saja pertama kali mencoba untuk ternak bebek akan mengalami kebingungan bagaimana cara memulai dan kemudian melaksanakannya. Apalagi karena ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Oleh sebab itu sebaiknya perhatikan dan siapkan lebih dahulu beberapa poin di bawah ini sebelum memulai ternak bebek petelur ataupun pedaging.

  • Persiapkan perhitungan investasi dan cari tahu berapa besaran biaya modal atau investasi yang harus dikeluarkan di awal. Hal ini sangat penting karena tanpa perhitungan modal yang tepat akan susah untuk menyiapkan dana yang sesuai dengan kebutuhan di awal. Ada baiknya memberikan margin sehingga tidak mengalami kesulitan saat menyiapakan peternakan di awal. Sebaiknya juga pastikan untuk mencukupkan dana untuk jumlah investasi yang diperlukan saja daripada kesulitan dalam hal dana.
  • Selanjutnya cari tahu mengenai cara paling baik untuk memelihara bebek petelur dan pedaging. Ada baiknya mencari informasi dari peternak yang telah berpengalaman supaya dapat menjalankan ternak nantinya secara optimal. Bisa juga mencari informasi melalui buku dan internet yang banyak tersedia secara bebas.
  • Pastikan untuk mengetahui perkiraan ukuran kendang yang dibutuhkan. Sebisa mungkin carilah lokasi yang terbaik dalam arti tidak mengganggu lingkungan sekitar namun memliki suasana yang cocok untuk beternak bebek. Kandang yang baik umumnya memiliki suplai oksigen maupun cahaya matahari yang baik. Sehingga nantinya ternak dapat tumbuh dengan subur hingga masa panen.

Keuntungan Dan Kelebihan Ternak Bebek

Sangat penting untuk mengetahui apa saja kelebihan saat memutuskan untuk beternak bebek petelur maupun pedaging. Hal ini merupakan dasar mengapa lebih memilih jenis peternakan ini dibandingkan peternakan yang lain. Sehingga dalam melaksanakannya para peternak jauh lebih konsisten dan dapat memaksimalkan ternak sebaik mungkin. Berikut ini beberapa keuntungan serta kelebihan dari ternak bebek tersebut.

  • Memelihara bebek ternak tidak susah dan bahkan cukup mudah. Saat ini malah ada sistem kendang kering yang bisa dibangun lebih sederhana dan tidak perlu menyediakan air ataupun tempat berendam untuk bebek yang diternakkan.
  • Permintaan telur bebek di pasaran termasuk daging bebek saat ini cukup tinggi. Sehingga tidak perlu khawatir tidak memiliki pasar atau kekurangan tempat untuk mensuplai hasil ternak.
  • Harga telur bebek dan daging bebek di pasaran juga cukup tinggi. Sehingga jika panen berhasil seutuhnya maka bisa meraup keuntungan yang cukup maksimal.
  • Pakan untuk ternak bebek juga mudah dicari dan tidak terlalu mahal. Umumnya hanya menggunakan konsentrat serta bekatul.
  • Bebek afkir juga masih laku dijual di pasaran, sehingga tidak perlu bingung saat bebek sudah tidak berproduksi lagi. Cukup dijual di pasaran sebagai bebek pedaging namun dengan harga yang lebih ekonomis.

Beda Bebek Petelur Dan Pedaging

Bagi peternak bebek pemula, umumnya belum tahu benar beda antara bebek petelur dan pedaging. Oleh sebab itu sangat penting untuk mempelajari hal ini lebih dahulu untuk memastikan usaha yang dijalankan lebih maksimal. Adapun berikut ini beberapa perbedaan di antara keduanya baik secara fisik maupun dalam segi pemeliharaannya.

  • Bebek petelur diternakkan khusus untuk menghasilkan telur saja setiap harinya. Oleh sebab itu bebek petelur ini merupakan bebek betina yang berada di kendang khusus untuk mengerami telur. Lain halnya dengan bebek pedaging yang diternakkan hingga usia secukupnya sehingga bisa dipanen dan kemudian dijual dagingnya ke pasaran.
  • Jenis bebek petelur umumnya berbeda dengan bebek pedaging. Yang termasuk bebek petelur di antaranya yaitu Bebek Alabio, Bebek Rambon, Bebek Mojosari dan Bebek Tegal. Sedangkan untuk bebek pedaging umumnya digunakan Bebek Peking, Bebek Manila, Bebek Tegal dan Bebek Bali. Supaya lebih menguntungkan pilih bebek yang bisa diternakkan sebagai bebek petelur sekaligus pedaging.
  • Masa panen bebek pedaging umumnya berusia lebih pendek daripada bebek petelur. Karena bebek petelur akan diternakkan hingga masa afkir dan dijual murah saat sudah tidak bisa bertelur lagi. Lain halnya bebek pedaging yang dijual pada usia yang tepat sehingga kualitas daging bebek yang digunakan nantinya terasa lezat dan gurih, tidak terlalu keras seperti halnya pada bebek afkir.

Cara Memelihara Ternak Bebek

Tentunya setelah mengetahui banyak informasi di atas, sangat perlu juga mengetahui bagaimana langkah yang tepat untuk memelihara ternak bebek. Baik untuk bebek petelur ataupun bebek pedaging, sebenarnya kurang lebih keduanya hampir sama, hanya ada beberapa hal yang dibedakan. Jika ingin tahu secara lengkapnya, simak berikut ini beberapa cara memelihara ternak bebek yang paling maksimal untuk bisa menghasilkan telur dan daging yang berkualitas pula.

  • Yang pertama tentukan area kendang yang memadai, pastikan pilih lokasi yang baik sehingga tidak mengganggu warga sekitar namun juga memiliki sirkulasi udara dan air yang baik.
  • Perhatikan selalu kebersihan di seputar kendang supaya bibit bebek bisa berkembang maksimal dan tidak beresiko mengalami sakit penyakit yang mudah menular.
  • Perhatikan pula kebutuhan pangan yang diperlukan oleh jumlah ternak bebek yang dimiliki. Hitunglah dengan tepat supaya tidak kekurangan ataupun kelebihan. Karena jika pemberian pakan tidak maksimal, maka telur bebek tidak akan maksimal pula kualitasnya.
  • Periksa selalu kondisi ternak setiap harinya. Jika menemukan bebek yang sakit segera pisahkan dari yang lain supaya tidak menular pada ternak bebek lainnya.
  • Sebisa mungkin sediakan desinfektan yang mampu menekan resiko terjadi penyakit pada ternak bebek. Upayakan pula pemberian vaksinasi berkala supaya ternak bebek tumbuh optimal.
  • Apabila memungkinkan dan diperlukan bisa juga menambahkan konsentrat atau vitamin pada pakan ternak bebek supaya nanti hasilnya bebek mudah bertelur dan dagingnya juga tebal namun gurih.

Mencari Supllier Bebek Terbaik

Apabila sudah yakin hendak memulai bisnia bebek petelur dan pedaging, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Termasuk saat memilih tempat jual bibit bebek petelur dan pedaging yang paling tepat. Karena saat ini ada banyak tempat yang bisa membantu suplai tersebut, namun belum tentu semuanya berkualitas dan dapat dipercaya. Oleh sebab itu sebaiknya perhatikan langkah berikut ini dalam memilih suplier atau tempat jual bibit bebek petelur dan pedaging yang terbaik.

  • Carilah suplier yang memiliki legalitas serta alamat yang jelas. Hal ini untuk membantu meyakinkan bahwa suplier tersebut tidak pernah mengalami masalah penipuan dan dapat membantu bisnis peternakan yang sedang Anda kembangkan semaksimal mungkin.
  • Sebisa mungkin periksa lebih dahulu indukan yang terdapat di tempat suplier tersebut. Sangat penting mengetahui kualitas indukan supaya nantinya tidak mendapatkan bibit bebek petelur ataupun pedaging yang buruk dan kurang sehat. Karena jika suplai kurang baik maka bisa jadi nantinya peternakan tidak berjalan lancar dan maksimal. Ternak mudah sakit dan hasil yang diperoleh menjadi lebih minim tidak seperti yang direncanakan di awal.
  • Apabila memungkinkan tanyakan beberapa hal penting berkaitan dengan teknik pemeliharaan ternak. Biasanya suplier yang telah berpengalaman dapat menjawab dengan baik dan bahkan bisa memberikan masukan yang positif bagi para peternak awam ataupun baru.
  • Mintalah penawaran harga dari perencanaan investasi Anda supaya dapat lebih mudah untuk dibandingkan antara satu dengan yang lain. Secara bisnis dan investasi cukup wajar jika memilih tempat jual bibit bebek petelur dan pedaging yang jauh lebih ekonomis dan kompetitif harganya.

Itulah sekilas informasi menarik bagi kalian yang baru pemula dan berminat untuk berinvestasi pada ternak bebek petelur maupun pedaging. Sebaiknya tidak perlu takut dan ragu untuk memulai. Pastinya jika memilih CV Nitnot maka sekalipun baru pemula namun dijamin usaha akan berhasil secara maksimal Cukup Klik Disini Jual Bibit Bebek Petelur dan Pedaging. Apalagi karena suplier yang satu ini siap membantu penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan juga di awalnya. Oleh sebab itu cukup percayakan saja sepenuhnya pada CV Nitnot dan rasakan keuntungan maksimal dari ternak bebek petelur dan pedaging tersebut. Semoga berhasil!

Bagikan
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Buat peternakan anda lebih baik dengan bibit unggas unggulan kami